Sabtu, 22 Desember 2012

Happy Mother Day


Seharian ini wall-wall di FB pada penuh dengan ucapan "Selamat Hari Ibu", "Happy Mother Day", atau yang sejenisnya. Apapun sebutannya, Ibu, Mama, Mommy, Mother, Ummi, atau Bunda, adalah sosok yang begitu berarti dalam kehidupan kita. Kalau aku sih terbiasa memanggil Ibu dengan sebutan Emak. Biar ndeso, tapi aku lebih menyukai panggilan itu. Bahkan keponakan dan anakku sendiri memanggil Ibuku dengan sebutan "Mak". :D

Kadang aku berpikir, apa sih yang sudah aku persembahkan buat Emakku? Dan kalau diingat-ingat sekaligus sesuai faktanya, aku merasa belum bisa memberikan sesuatu yang berharga buat Emak. Duh Mak... maafkan anakmu ini!

Di hari yang istimewa buat para ibu ini, seringkali kita sebagai anak saling berlomba-lomba mengucapkan dan mengungkapkan rasa sayang kita kepada ibu dengan berbagai cara. Ada yang memberi bunga, ada yang memberi kue, baju atau barang-barang kesukaan ibu, bahkan ada yang rela melayani ibu seharian penuh demi agar sang ibu tahu betapa kita menyayanginya. Kalau aku pribadi, jujur aku belum pernah melakukan semua itu. Mau memberi ucapan selamat lewat kartu, Emakku pasti malah bingung. Mau mengucapkan langsung, aku yang rikuh dan pasti dibilang aneh sama Emak. Makanya di hari ibu ini, aku hanya cukup mendoakan Emak dalam hati. Semoga Emak selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Aamiin. Bukan hanya pas hari ibu, setiap kali aku bertemu Emak dan mencium punggung tangannya, aku pun selalu menyematkan doa itu. Juga dalam doa bakda sholat. Bukankah doa dari anak yang shaleh dan shalehah lebih dibutuhkan oleh orang tua kita?

Dimanapun engkau berada, aku tetap sayang kamu, Mak...  :)

2 komentar:

  1. Bersyukurlah karena emak masih menemanimu di dunia ini, sekalipun jarak memisahkan kalian :) *Peyuuuk

    BalasHapus
  2. Iya Bunda, bersyukur sekali. Bahkan aku selalu berdoa agar Emak nanti bisa menunggui sampai cicit-cicitnya. Aamiin... :)

    BalasHapus