Selasa, 10 September 2013

Aku Ingin Seperti Mereka, Mak!



Gambar hanya ilustrasi

Aku tak pernah meminta,
hidup susah dan terlunta
Tak bisa memungkiri iri
Kerap kali membandingkan diri..


Mak, aku ingin seperti mereka
Tertawa bersama, langkah kaki nan lincah
Berselempang tas dan bernyanyi
riuh menentramkan hati...

Mak, kapan aku bisa seperti mereka
memakai baju putih-merah sebagai identitas diri
Bukan baju bolong di sana-sini..



Kapan Mak,
Kapan..?
Yang seringkali kudengar hanya kata “sabar”
Lalu matamu pun akan berembun
Pilu mengerutkan wajahmu


Mak, aku ingin pintar
Mengeja huruf dan angka dengan lancar
Aku ingin jadi insinyur, Mak..
Atau seorang gubernur


Lagi-lagi kau pun hanya menangis
Mengelus lembut kepalaku sambil berkata
“Le, pasrah sama takdir...
Kita ini wong kere...”


Hening..
Pikiran luguku mulai teracuni kalimatmu
Jadi wong kere itu tak boleh banyak bermimpi
meski mimpi tuk sekedar sekolah...
 
Tapi...
Aku ingin seperti mereka, Mak..
Apa itu salah?



  

 

*Menemukan puisi ini di salah satu folder flashdisk-ku. Puisi ini dulu kutulis setelah melihat anak jalanan.

2 komentar: